Senin, 06 Mei 2013

KONFLIK ANTARA KOREA UTARA DAN KOREA SELATAN


Sejarah perang korea terjadi akibat pengaruh dari dua negara yang kuat pada saat itu, yakni AS dan Uni Soviet yang masing-masing memiliki aliansi dan ingin menyebarkan paham mereka masing. Salah satunya Korea Selatan dipengaruhi oleh paham liberalisme negara Amerikan, Britania Raya, Kanada dan Australia sedangkan Korea Utara dipengaruhi oleh Uni Soviet dan Republik Rakyat Cina yang perpaham Komunis.
Perang Korea ini sering disebut dengan banyak sebutan salah satunya adalah Perang diamandatkan (Proxy war) antara Amerika Serikat dan sekutu PBB-nya dan negara-negara Komunis Uni Soviet dan Republik Rakyat Cina yang juga anggota PBB. Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok, menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang dan pilot pesawat, dan juga persenjataan, untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara. Di Amerika Serikat konflik ini diistilahkan sebagai aksi polisional di bawah bendera PBB daripada sebuah perang, dikarenakan untuk menghilangkan keperluan kongres mengumumkan perang.
Di Amerika Serikat, perang ini secara resmi dideskripsikan sebagai aksi polisional karena tidak adanya deklarasi perang resmi dari Kongres AS. Dalam bahasa sehari-hari, perang ini juga sering disebut Perang yang Terlupakan dan Perang yang Tidak Diketahui karena dianggap sebagai urusan PBB, berakhir dengan kebuntuan (stalemate), sedikitnya korban dari pihak AS, dan kurang jelasnya isu-isu menjadi penyebab perang ini, bila dibandingkan dengan Perang Vietnam dan Perang Dunia II.
Di Korea Selatan, perang ini biasa disebut sebagai Perang 6-2-5 (yuk-i-o jeonjaeng) yang mencerminkan tanggal dimulainya perang pada 25 Juni. Sementara itu, di Korea Utara, perang ini secara resmi disebut Choguk haebang chǒnjaeng ("perang pembebasan tanah air"). Perang Korea juga disebut Chosǒn chǒnjaeng ("Perang Joseo", Joseon adalah sebutan Korea Utara untuk tanah Korea).
Perang Korea secara resmi disebut Chao Xian Zhan Zheng (Perang Korea) di Republik Rakyat Cina. Kata "Chao Xian" merujuk ke Korea pada umumnya, dan secara resmi Korea Utara.Istilah Perang Korea juga dapat menyatakan pertempuran sebelum invasi maupun setelah gencatan senjata dilakukan.
Perang yang terjadi disebabkan oleh kedua kubu yang memiliki masing-masing paradigm/paham yang ingin mempengaruhi Negara. Salah satunya Korea Selatan dan Korea Utara yang tidak lain kedua Negara tersebut adalah satu Negara. Pada dasarnya Perang Korea ini adalah perang yang Dimandatkan pada kedua Negara tersebut yang ingin menguasi berbagi sumber daya yang di miliki masing-masing Negara yang mereka pengaruhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar